Senin, 23 September 2019



PENGERTIAN:

  • 1.) MAC Address (Media Access Control Address) adalah., sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. ... MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet.
  • 2.) Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan service yang memungkinkan perangkat dapat mendistribusikan/assign IP Address secara otomatis pada host dalam sebuah jaringan. Cara kerjanya, DHCP Server akan memberikan response terhadap request yang dikirimkan oleh DHCP Client.
  • 3.) Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. ... IP versi 4 (IPv4) IP versi 6 (IPv6).
  • 4.) Subnet MaskSubnet mask adalah istilah teknologi Informasi yang membedakan Network ID dan Host ID atau sebagai penentu porsi Network ID dan Host ID pada deretan kode biner. ... Notasi network prefix juga dikenal dengan sebutan notasi Classless Inter-Domain Routing (CIDR).
  • 5.) Default atau Internet Gateway adalah alamat IP yang digunakan untuk mengakses internet, dan biasanya akan otomatis diberikan oleh server atau melalui DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dari modem. ... ZTE: 192.168.1.1 (berdasarkan modem teman saya, lupa modelnya apa). Huawei: 192.168.1.254 (berdasarkan HG532e).

  • 6.) Sistem Penamaan Domain di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. 
  • 7.) WINS untuk menyelesaikan nama komputer sistem input / output dasar (NetBIOS) ke alamat IPv4. Anda dapat menggunakan WINS untuk membantu komputer di jaringan menentukan alamat komputer lain di jaringan. Jika server WINS diinstal pada jaringan, Anda dapat menggunakan server untuk menyelesaikan nama komputer. Meskipun WINS didukung pada semua versi Windows, Windows Vista terutama menggunakan WINS untuk kompatibilitas mundur.
  • 8.) NetBIOS over TCP/IP (sering disingkat menjadi NBT atau NetBT) adalah sebuah protokol jaringan yang mengizinkan aplikasi jaringan komputer yang lama yang menggunakan Application Programming Interface (API) NetBIOS agar dapat digunakan di dalam jaringan modern berbasis protokol TCP/IP
  • 9.) Alamat ini menggabungkan prefiks alamat unicast link-local, alamat unicast site-local atau alamat unicast global (yang dapat berupa prefiks alamat 6to4) yang berukuran 64-bit dengan 32-bit ISATAP Identifier (0000:5efe), lalu diikuti dengan 32-bit alamat IPv4 yang dimiliki oleh interface atau sebuah host.
  • 10.) ipv6-default-gateway menunjuk gateway IPv6 default yang dapat dijangkau oleh antarmuka. Tetapkan gateway IPv6 default jika Anda menetapkan alamat IP IPv6.


  • Jika antarmuka mendukung kedua keluarga IP, gunakan gateway ipv4-default- untuk menunjuk gateway IPv4 default.
    Gunakan perintah no ipv6-default-gateway untuk menghapus gateway IPv6 default.
  • 11.)Dalam kebanyakan kasus, alamat IP yang digunakan oleh server nama domain ISP Anda secara otomatis ditetapkan oleh ISP Anda melalui Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Untuk menggunakan Google Public DNS, Anda perlu secara eksplisit mengubah pengaturan DNS di sistem operasi atau perangkat Anda untuk menggunakan alamat IP DNS Public Google. Prosedur untuk mengubah pengaturan DNS Anda bervariasi sesuai dengan sistem operasi dan versi (Windows, Mac, Linux, atau Chrome OS) atau perangkat (komputer, telepon, atau router). Kami memberikan prosedur umum di sini yang mungkin tidak berlaku untuk OS atau perangkat Anda; silakan baca dokumentasi vendor Anda untuk informasi otoritatif.



























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

123

3.13 Menerapkan sumber daya 4.13 Menginstalasi sumber daya berbagi pakai pada jaringan berbagi pakai pada jaringan komputer     ...