Senin, 02 September 2019

A.Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mengenal Karakteristik pada memori (lokasi, kapasitas, satuan transfer, metode akses, kinerja, tipe fisik dan karakteristik fisik).
2. Siswamampu Menyajikan gagasan untuk merangkai beberapa memori dalam sistem komputer.
3. Siswa mampu mengidentifikasi keandalan memori
4. Siswa mampu Mengidentifikasi Rangkaian memori RAM - EPROM

B. MATERI PEMBELAJARAN KARAKTERISTIK MEDIA PENYIMPANAN.

Media penyimpanan memiliki beberapa karakteristik penyimpanan baik berdasarkan materi yang tergantung di dalamnya ataupun berdasarkan fungsi dari penyimpanannya, diantara karakteristik media penyimpanan tersebut;

  • Kecepatan/Speed, merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membaca data pada saat sedang berjalan atau pada saat komputer melakukan proses perintah dan menulis data ketika diperintahkan untuk melakukan menulis. Dan Cost akan meningkat apabila sejalan dengan meningkatnya kecepatan pada saat memori di gunakan.
  • Volatility, merupakan kemampuan yang dimiliki media penyimpanan untuk menyimpan data ketika tidak ada sumber daya dari Power Supply yang mengalirinya, media tersebut dapat menurun dengan meningkatnya volatility sehungga pada saat proses ini tidak membutuhkan adanya sumber daya.
  • Metode Akses, merupakan metode yang mengakses secara bersamaan terhadap lebih dari satu lokasi media penyimpanan secara Paraell, serta dapat dilakukan dengan mengakses penyimpanan secara linier, random, portability, dan capacity.
Komputer bekerja ketika dinyalakan, dan BIOS juga akan langsung berjalan yang kemudian akan memerintahkan komputer untuk melakukan POST. Fungsi POST sendiri adalah untuk mengenali peralatan komputer seperti merk motherboar, ram, kecepatan processor, tahun pembuatan, manufacktur dari BIOS, monitor, keyboard, mouse, dan lain sebagainya.

Pemeriksaan tersebut bertujuan apakah berjalan dengan baik atau tidak komponen komputer tersebut, apabila pada proses ini ternyata mengalami permasalahan maka komputer akan mengeluarkan bunyi beep menandakan komponen ada yang rusak.

Jika permasalahan pada memory secara otomatis media tersebut tidak menyimpan file atau tidak berfungsi dengan baik, bahkan tidak menyala komputer karena permaslahan pada memory sebagai pembaca tidak berfungsi dengan baik.

Media penyimpanan ini merupakan bagian dari sistem komputer yang sangat penting, komponen tersebut tidak hanya dibutuhkan di perangkat komputer saja akan tetapi PDA juga membutuhkan dukungan dari media tersebut untuk melakukan proses sebagai mana mestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

123

3.13 Menerapkan sumber daya 4.13 Menginstalasi sumber daya berbagi pakai pada jaringan berbagi pakai pada jaringan komputer     ...